JANGAN LUPA LIKE-NYA DOOOONGGG >>>>>KLIK PROGRAM SEKOLAH UNTUK SEMUA APLIKASI EXCEL

Thursday 23 September 2010

ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA VERSI SMP NEGERI 4 DOLOK PANRIBUAN

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang Analisis Butir Soal Uraian Versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan. Masih dalam topic analisis butir soal, kali ini saya akan membahas Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan.

Analisis ini mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan program analisis yang lain, seperti : SPSS, Iteman, Anasteva, dan program lainnya. Adapun kelebihannya adalah :

1. Tidak perlu penginstalan untuk menjalankan program ini

2. Program dibuat dengan Exel 2003 yang sudah umum kita gunakan

3. Semua data test sudah tersedia, jadi kita tinggal klik pada list, kecuali ada 3 item yaitu : Nama test, materi pokok dan tanggal test

4. Pada saat kita memilih kelas, otomatis nama siswa akan muncul, jadi kita tidak perlu melakukan pengetikan atau pengcopian, begitu juga saat kita memilih nama guru, otomatis NIP akan muncul

5. Penggunaan sangat mudah, karena diikuti petunjuk penggunaan, hanya tulisan berwarna biru yang boleh diedit

6. Kita langsung dapat mengisi jawaban siswa pada kolom yang tersedia (tidak perlu benar = 1,salah = 0)

7. Jika dalam pengetikan jawaban siswa kelebihan atau kekurangan, pada kolom status akan muncul keterangan/peringatan sesuai kesalahan ( lebih atau kurang ).

8. Pada sheet pengisian jawaban dilengkapi dengan skor ( salah, benar ), nilai.

9. Pada daftar hasil ujian dilengkapi dengan score ( salah, benar, Jumlah score ), nilai ujian, ranking dan ketercapian siswa ( terlampaui, tercapai, tidak tercapai ).

10. Siswa yang ketercapaiannya tidak tercapai, akan masuk ke remedial secara otomatis

11. Analisis Butir Soalnya dilengkapi dengan Indeks Daya Pembeda ( DP )dan Indeks Tingkat Kesukaran ( TK ) yang sekaligus didefinisikan ke dalam status soal ( diterima, ditolak, diperbaiki ).

12. Terdapat kartu soal untuk soal-soal yang diterima

Itulah beberapa kelebihan program ini dibanding dengan program yang lain, kelebihan yang menonjol yaitu No : 10 dan 11.

Program Aplikasi ini terdiri dari 5 sheet, yaitu : sheet data, nilai, remedial, analisis dan kartu soal.

Sekarang saya akan mengulas sedikit setiap sheet nya.

1. Sheet Data.

Sheet ini memuat semua data test, baik data guru pengajar, mata pelajaran, sampai pada data jawaban siswa. Pengisian data tidak perlu pengetikan, kita cukup mengklik pada list yang tersedia, yang perlu pengetikan Cuma 3 item, yaitu : nama test, materi pokok dan tanggal test ( hanya tulisan yang berwarna biru ). Sebelum kita mengisi jawaban siswa, kita ketik terlebih dahulu kunci jawaban pada kolom yang tersedia, kemudian jumlah option, skor benar, skor salah dan skala nilai (10 atau 100). Pada kolom status, kita akan melihat keterangan OK, kurang, lebih, hal ini sesuai dengan jawaban siswa yang telah kita ketik. Jika kita selesai mengisi jawaban siswa, otomatis nilai akan muncul.

Gbr. Sheet Data

2. Sheet Nilai.

Sheet nilai ini membaca sheet data. Dalam sheet ini kita hanya perlu mengisi kolom KKM saja. Selain kolom KKM semua akan terisi secara otomatis. Dalam sheet ini terdapat hasil perolehan score siswa, nilai siswa dan disertai ketercapaian siswa (tercapai, tidak tercapai, terlampaui). Siswa yang tidak tercapai otomatis akan berwarna merah dan oyomatis masuk ke dalam sheet Remedial

Gbr. Sheet Nilai

3. Sheet Remedial.

Sheet ini membaca sheet Nilai. Sheet Remedial ini hanya memuat siswa yang ketercapaiannya “tidak tercapai” yang terdapat di Sheet Nilai. Dalam sheet ini nilai awal dari siswa sudah terketik otomatis. Jadi kita cukup mengetik hasil ujian remedial siswa saja, yang mana nilai rata-rata harus lebih besar dari nilai KKM, namun nilai akhir harus tetap sama dengan nilai KKM

Gbr. Sheet Remedial

4. Sheet Analisis.

Sheet ini sebenarnya membaca Sheet Proses, namun demi keamanan Sheet Analisis ini, Sheet Proses di sembunyikan. Dalam sheet ini ditampilkan Indeks TK dan DP, sekaligus didefinisikan ke dalam status soal ( diterima, ditolak atau diperbaiki )

Gbr. Sheet Analisis

5. Sheet Kartu Soal.

Sheet ini untuk menuliskan soal-soal yang status soalnya diterima saja. Jadi kita tidak perlu membuat kartu secara manual, cukup kita print saja. Sheet ini sudah diatur sedimikian rupa kedalam ukuran kertas F4, jadi kita tidak perlu mengedit kertas lagi.

Gbr. Sheet Kartu Soal

Jika telah selesai semua, simpanlah lembar kerja kita. Klik save atau tekan Ctrl + S, lalu tutup. Untuk membuat penilaian yang baru, kita cukup mencopy file yang tadi, dengan cara klik kanan tahan, geser mouse ke bawah, lepas, kemudian klik copy here, file akan tercopy. File yang baru ditandai dengan nama file copy, kemudian beri nama baru ( rename ) dengan cara klik kanan pada file, lalu klik rename. Ketiklah sesuai keinginan kita. Pada saat merename usahakan agar .xls pada akhir nama file jangan terhapus, kalau sudah terhapus ketik ulanglah .xls hal ini agar icon file menjadi icon exel. Buka file yang baru, lalu isikan data yang baru.

Nah itu dia sedikit gambaran dari setiap sheet Program Aplikasi ini. Dengan menggunakan Aplikasi ini, maka semua yang berhubungan dengan standart Penilaian akan dapat dengan mudah kita kerjakan, jadi para rekan guru semua tidak perlu repot lagi mengolah nilai dan analisis soal ulangan. Selain mudah, file yang telah kita olah akan menjadi dokumen kita yang setiap saat dapat kita print. Dokumen kita akan menjadi praktis, karena berupa file, tidak berupa kertas yang bisa tercecer bila kita tidak teliti.

Para guru semua dapat juga mengunjungi situs :

1. www.smpn4dp.wordpress.com
2. www.harianto7910.wordpress.com

di alamat tersebut Bapak/Ibu serta pembaca juga dapat mendownload master analisisnya.

Atau dapat juga konfirmasi langsung ke SMP Negeri 4 Dolok Panribuan, Contact Person :

1. Bapak Epen Damanik, S.Pd ( Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Dolok Panribuan )
Hp. 081361115383

2. Harianto, S.Pd ( Guru SMP Negeri 4 Dolok Panribuan )
Hp. 081396662780

Mudah – mudahan Program Aplikasi ini dapat membantu dan menambah wawasan bagi pembaca dan para guru semua, khususnya para guru di kabupaten Simalungun.

Sampai jumpa lagi pada Program Aplikasi ICT SMP Negeri 4 Dolok Panribuan yang berikutnya.

“Salam Pendidikan”

Sekilas Tentang Profil Penulis

Nama : HARIANTO, S.Pd
NIP. : 19790327 200604 1 006
Jurusan : Pend. Fisika Unimed 1998
Alamat : Kp. Baru Balimbingan, Kec. Tanah Jawa
Hp. : 081396662780
Email : harianto7910@yahoo.co.id
Website : wwwharianto-harianto.blogspot.com
: www.harianto7910.wordpress.com
Status : Lajang
Motivator : “Pembodohan Diri Sendiri”adalah disaat Anda berkata “Saya Sudah Terlalu Tua Untuk Belajar”

Download Master Analisis Soal Pilihan Ganda SMPN 4 Dolok Panribuan  :

Klik di sini



 Untuk Master Analisis Uraian Otomatis :

Klik di sini

Baca Selengkapnya >>>

Master Analisis Butir Soal Uraian SMPN 4 Dolok Panribuan

Menurut survey penulis, dari beberapa guru tentang kelengkapan administrasi guru, standart Penilaianlah yang merupakan Standart yang cukup merepotkan. Apalagi bila kita lakukan dengan manual, terutama dalam hal Analisis Butir Soal nya. Alhasil masih sangat banyak para rekan guru yang administrasinya tidak dilengkapi dengan Analisis Butir Soal.

Sebagai tenaga yang professional, sudah seharusnyalah kita melengkapi segala kelengkapan administrasi guru, apalagi kesejahteraan guru sudah mendapat perhatian yang serius dari pemerintah dengan adanya guru sertifikasi.

Dalam kesempatan ini penulis akan mencoba memperkenalkan suatu program aplikasi Exel yang khusus digunakan untuk pemenuhan Standart Penilaian yang selama ini dianggap para guru adalah suatu pekerjaan yang sangat merepotkan.

Program ini saya beri nama “ Analisis Butir Soal Uraian Versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan”, yang mana program ini terselesaikan berkat dukungan dan motivasi Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Dolok Panribuan, Bapak Epen Damanik, S.Pd dan para teman guru semua.

Program aplikasi ini mempunyai beberapa kepraktisan, yaitu :

1. Tidak perlu penginstalan, karena program ini menggunakan aplikasi Exel 2003 yang umumnya rekan guru telah banyak mengetahui pengoperasiannya.

2. Meminimalisasi pengisian data test. Data test tidak perlu diketikkan, hanya ada 3 item yang perlu kita ketik, yaitu : KKM, No SK/KD dan Nama Test, untuk data test yang lain kita hanya tinggal memilih saja dengan cara mengklik data yang tersedia di dalam list.

3. Pengisian data test sangat mudah, karena diikuti dengan pesan petunjuk.

4. Untuk nama siswa, kita tidak perlu mengetiknya satu persatu ataupun mengcopy paste, kita klik saja kelasnya otomatis nama siswa akan muncul.

5. Untuk mengisi nama guru pengajar, kita tinggal pilih saja, secara otomatis NIP akan muncul yang diikuti juga pada sheet lainnya, jadi kita cukup mengklik satu kali saja.

6. Pengisian hasil perolehan test siswa sangat jelas, karena kolomnya telah tersedia dan diikuti dengan petunjuk.

7. Untuk melihat jumlah kelas atas dan bawah, kita cukup melihat pada sheet Data 2, disini saya menggunakan 25% dari jumlah peserta test.

8. Setelah kita selesai menginput data, maka secara otomatis nilai akan muncul, diikuti dengan siswa yang masuk daftar remedial.

9. Daftar siswa yang Remedial akan muncul secara otomatis pada sheet Remedial.

10. Untuk status soal akan muncul secara otomatis setelah kita memasukkan kelas atas dan bawah pada sheet Data 2.

11. Analisis Soal akan dilengkapi dengan Indeks Tingkat Kesukaran dan Indeks Daya Pembeda, juga didefinisikan secara otomatis tentang status soal (mudah, sedang, sukar, diterima, ditolak, diperbaiki ).

12. Nama guru tidak diketik secara berulang-ulang ( cukup klik satu kali saja pada sheet Umum ).

13. Semua sheet telah di atur menggunakan kertas F4 yang umum kita gunakan, sehingga kita tidak perlu mengedit margin dan ukuran kertas lagi.

Itulah sedikit gambaran tentang program aplikasi saya, yang semua dirancang untuk digunakan semudah mungkin oleh para rekan guru semua.

Sekarang saya akan mengulas sedikit tentang setiap sheet dari program aplikasi ini.

1. Sheet Umum.

Ini adalah sheet data test. Pada sheet inilah kita mengisi data seperti : Tahun Pelajaran, Semester, Mata Pelajaran, Kelas, KKM, SK/KD, Nama Test, Nama Guru ( pengetikan hanya pada sel : KKM, No. SK/KD dan Nama Test ). Sel yang lain tinggal pilih saja pada list yang tersedia.

Gbr. Sheet Umum

2. Sheet Data 1.

Ini adalah sheet data mentah perolehan test siswa. Sebelum mengisi data perolehan siswa, terlebih dahulu kita mengisi skor maksimum dan minimum dari setiap soal. Secara otomatis jumlah skor maksimum dari seluruh soal akan terisi. Kemudian ketiklah skala nilai yang kita inginkan ( 10 atau 100 ). Jika kita selesai mengisi, maka kolom Jumlah Skor, Nilai Ujian dan Ranking akan terisi secara otomatis. Setelah sheet ini selesai kita isi secara keseluruhan, sheet nilai ujian sudah tampak hasilnya.

Gbr. Sheet Data 1

3. Sheet Copy Rank.

Ini adalah sheet untuk meranking siswa. Caranya : Copylah sheet data 1, kemudian pastekan di sheet Copy Rank, setelah itu klik data, klik sortir, klik OK, maka otomatis data akan terurut berdasarkan Ranking. Data ranking ini berfungsi untuk menentukan kelompok atas dan bawah.

Gbr. Sheet Copy Rank

4. Sheet Data 2.

Sheet ini merupakan sheet kelompok atas dan bawah. Untuk melihat jumlah atas dan bawah klik sheet Data 2, lihatlah 25% dari jumlah test. Kemudian copylah data dari sheet copy rank ( nama dan perolehan skor nya saja ), kemudian pastekan sesuai dengan kolom yang disediakan ( atas pada kelompok atas dan bawah pada kelompaok bawah ).


Gbr. Tabel Kelompok Atas Gbr.Tabel Kelompok Bawah

5. Sheet Proses.

Sheet ini menampilkan proses dari data 1 dan data 2. Sheet ini akan terisi secara otomatis, jadi kita tidak perlu melakukan pengisian apapun pada sheet ini.

Gbr. Sheet Proses

6. Sheet Hasil Analisis.

Sheet ini menampilkan hasil analisis butir soal. Sheet ini membaca sheet proses. Dalam sheet ini ditampilkan Indeks Tingkat Kesukaran dan Indeks Daya Pembeda lengkap dengan definisi status soal (apakah soal mudah, sukar, sedang, diterima, ditolak, diperbaiki). Dalam sheet ini kita tidak perlu melakukan pengetikan apapun, semua data akan terisi secara otomatis.

Gbr. Sheet Hasil Analisis

7. Sheet Nilai.

Sheet ini membaca sheet Data 1. Sheet ini menampilkan nilai siswa lengkap dengan jumlah skor, nilai, ranking dan hasil ketercapaian siswa ( apakah tercapai, tidak tercapai atau terlampaui ). Pada akhir table juga terdata lengkap hal-hal yang menyangkut nilai dari seluruh peserta test. Pada sheet ini kita tidak perlu melakukan pengetikan apapun. Semua data terisi secara otomatis.

Gbr. Sheet Nilai

8. Sheet Remedial.

Sheet ini membaca sheet Nilai. Siswa yang belum mencapai nilai KKM ( tidak tercapai ) secara otomatis masuk ke sheet ini. Dalam sheet ini kita cukup mengisi hasil ujian remedial siswa saja. Tidak ada pengisian yang lain. Nilai Rata-rata dalam sheet ini harus lebih besar dari KKM agar siswa dinyatakan lulus remedial, namun nilai yang tertulis adalah nilai KKM.

Gbr. Sheet Remedial

9. Sheet Kartu Soal.

Sheet ini adalah lembaran untuk mengisikan soal-soal yang diterima. Kita cukup melihat hasil analisis. Sheet ini sudah diatur sedemikian rupa di dalam size kertas F4 yang umum kita gunakan, jadi kita tinggal print saja.

Gbr. Kartu Soal

Jika telah selesai semua, simpanlah lembar kerja kita. Klik save atau tekan Ctrl + S, lalu tutup. Untuk membuat penilaian yang baru, kita cukup mencopy file yang tadi, dengan cara klik kanan tahan, geser mouse ke bawah, lepas, kemudian klik copy here, file akan tercopy. File yang baru ditandai dengan nama file copy, kemudian beri nama baru ( rename ) dengan cara klik kanan pada file, lalu klik rename. Ketiklah sesuai keinginan kita. Pada saat merename usahakan agar .xls pada akhir nama file jangan terhapus, kalau sudah terhapus ketik ulanglah .xls hal ini agar icon file menjadi icon exel. Buka file yang baru, lalu isikan data yang baru.

Itulah sedikit uraian setiap sheet tentang Analisis Butir Soal Uraian Versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan. Sebenarnya masih ada beberapa program yang lain yang berbasis ICT yang dimiliki SMP Negeri 4 Dolok Panribuan, misalnya : Program Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda,Program Aplikasi Analisis Butir Soal Campuran ( Pilihan Ganda dan Uraian ), Daftar Legger beserta Raport Bulanan, Kartu Perpustakaan, Simulasi Kelulusan Ujian Nasional 2010, Program Try Out UN 2010, yang kesemuanya diolah dalam program Exel 2003 agar mudah dipahami.

Bagi rekan guru dan pembaca, dapat juga mengunjungi situs :
1. www.smpn4dp.wordpress.com
2. www.harianto7910.wordpress.com

di alamat tersebut Bapak/Ibu serta pembaca semua juga dapat mendownload master analisis tersebut.

Penulis juga membuka pintu informasi selebar-lebarnya bagi rekan guru semua, termasuk kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan program aplikasi ini.

Bagi rekan guru dan pembaca yang ingin mengirimkan kritik, saran atau bagi sekolah yang tertarik dengan program aplikasi ini, silahkan konfirmasi langsung ke SMP Negeri 4 Dolok Panribuan, Contact Person :

1. Bapak Epen Damanik, S.Pd ( Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Dolok Panribuan )
Hp. 081361115383

2. Harianto, S.Pd ( Guru SMP Negeri 4 Dolok Panribuan )
Hp. 081396662780

Mudah – mudahan Program Aplikasi ini dapat membantu dan menambah wawasan bagi pembaca dan para guru semua, khususnya para guru di kabupaten Simalungun.
Sampai jumpa lagi pada Program Aplikasi ICT SMP Negeri 4 Dolok Panribuan yang berikutnya.

“Salam Pendidikan”

Sekilas Tentang Profil Penulis

Nama : HARIANTO, S.Pd
NIP. : 19790327 200604 1 006
Jurusan : Pend. Fisika Unimed 1998
Alamat : Kp. Baru Balimbingan, Kec. Tanah Jawa
Hp. : 081396662780
Email : harianto7910@yahoo.co.id
Website : http://www.harianto7910.wordpress.com
: http://wwwharianto-harianto.blogspot.com
Status : Lajang
Motivator : “Pembodohan diri sendiri “adalah disaat Anda berkata “ Saya sudah terlalu tua untuk belajar”


Download File Master Analisis Butir Soal Uraian Versi SMP Negeri 4 Dolok Panribuan :


Klik di sini



DOWNLOAD JUGA SKP GURU

DOWNLOAD





Baca Selengkapnya >>>

Tuesday 21 September 2010

Sekolah Teknologi Baru: dengan Papan Tulis Sentuh


Di Amerika Serikat papan tulis sekolah sedang diganti untuk interaktif, raksasa, sensitif sentuh layar komputer, yang memungkinkan siswa dan guru untuk berbagi tugas, menjelajahi web dan mengedit video menggunakan jari-jari mereka seperti pena, kata Wired News. Debu dan suara menyakitkan kuku menggaruk pada papan tulis yang di masa lalu.




Siswa menggunakan papan untuk mendemonstrasikan solusi untuk masalah-masalah matematika, mereka anak-anak menggambar di papan dengan ujung jari mereka dan menjelaskan kepada kelas bagaimana mereka datang dengan jawaban mereka.

"Ini benar-benar membantu dengan motivasi," kata Eliza Bang, guru kelas. "Sebagai platform untuk mendorong kerja kelompok, itu biasa."


Guru dapat menampilkan slide-show atau bahkan video. Sekarang mungkin untuk membuka halaman web dengan informasi yang berguna hanya dalam hitungan detik.
Papan tulis interaktif dapat ditemukan di lebih dari 150.000 ruang kelas di US, dan teknologi juga tumbuh secara internasional, dengan hadir di 75 negara


Dan ada begitu banyak kemampuan untuk "murid nakal" untuk menunjukkan sesuatu yang disensor pada layar lebar pada saat pelajaran! ..


Read more: Sekolah Teknologi Baru: dengan Papan Tulis Sentuh - Asal Kamu Tahu Aja
Baca Selengkapnya >>>

10 Fakta Ilmiah Yang Salah Dan Konyol

Tidak ada yang lebih bagus dibanding memecahkan mitos (mythbusting; yang membuat sebuah program Discovery Channel, Mythbusters, terkenal), jadi inilah dia daftar kesalahpahaman dan mitos yang diketahui orang-orang tapi bisa dibilang konyol – kali ini tentang ilmu pengetahuan.
  1. Tidak ada gravitasi di luar angkasa

    tak ada gravitasi di luar angkasa
    Faktanya, ada gravitasi di luar angkasa – sangat banyak. Alasan bahwa astronot tampak tak ada beban adalah karena mereka mengorbit Bumi. Mereka jatuh ke Bumi tapi bergerak ke samping untuk menghindarinya. Jadi, mereka selalu jatuh tapi tak pernah mendarat. Gravitasi memang ada di seluruh luar angkasa secara virtual (ada tapi tak dapat dirasakan). Ketika sebuah pesawat ulang alik mencapai ketinggian orbit (Sekitar 250 mil di atas permukaan Bumi), gravitasi hanya berkurang 10%.
  2. Petir tak pernah menyambar tempat yang sama dua kali

    petir
    Lain kali jika Anda melihat sambaran petir dan Anda beranggapan untuk lari ke tempat sambaran untuk melindungi diri dari serangan selanjutnya, ingatlah ini! Petir memang menyambar tempat yang sama dua kali – malahan, ini sangat umum. Petir lebih memilih tempat-tempat tertentu seperti pohon tinggi atau bangunan. Di lapangan luas, obyek yang paling tinggi memiliki kemungkinan besar disambar beberapa kali hingga petir berpindah jauh untuk mencari target baru. Empire State Building tersambar petir 25 kali setahun.
  3. Meteor menjadi panas karena gesekan ketika memasuki atmosfer

    meteor
    Ketika sebuah meteoroid memasuki atmosfer Bumi (menjadi meteor), sebenarnya kecepatan yang memadatkan udara di depan obyek yang menyebabkan obyek tersebut memanas. Adalah tekanan di udara yang mengakibatkan panas yang cukup untuk membuat batu tersebut sangat panas sehingga bersinar bila dilihat dari Bumi (bila kita beruntung melihatnya di langit pada waktu yang tepat). Kita juga perlu menolak mitos tentang meteor panas ketika tiba di Bumi – menjadi meteorit. Meteorit selalu dingin ketika tiba di daratan – dan faktanya sering ditemukan terlapisi es. Ini dikarenakan batu tersebut sangat dingin dari perjalanannya melintasi ruang angkasa sehingga panas ketika masuk ke Bumi belum cukup untuk membakar lapisan terluarnya.
  4. Sebuah koin yang dijatuhkan dari bangunan yang sangat tinggi dapat membunuh pejalan kaki di bawah

    gedung tertinggi
    Mitos ini sangat umum sehingga menjadi cliche di sejumlah film. Mitosnya adalah bila Anda menjatuhkan koin dari puncak bangunan tinggi (seperti Empire State Building) – koin ini akan memperoleh kecepatan yang bisa membunuh seseorang bila mendarat di atas manusia di darat. Tapi faktanya adalah, aerodinamika sebuah koin tidak cukup untuk membuatnya berbahaya. Apa yang akan terjadi adalah orang yang terkena koin tersebut hanya merasa diketuk kepalanya – tentunya mereka selamat dari “bencana” tersebut.
  5. Sel otak tak dapat beregenerasi

    sel otak
    Alasan mitos ini menjadi semakin umum adalah karena mitos ini dipercayai dan diajarkan oleh komunitas ilmiah dalam jangka waktu yang lama. Tetapi pada tahun 1998, ilmuwan di Sweden and the Salk Institute di La Jolla, California menemukan bahwa sel otak pada manusia dapat beregenerasi. Sebelumnya lama dipercayai bahwa otak yang kompleks dapat terganggu oleh pertumbuhan sel baru, tapi studi menemukan bahwa memori dan pusat pembelajaran otak dapat menciptakan sel baru – memberikan harapan kepada penyembuhan penyakit seperti Alzheimer.

    Ada sisi tergelap dari bulan

  6. sisi gelap bulan
    Sebenarnya – setiap bagian dari bulan disinari pada suatu waktu oleh matahari. Kesalahpahaman ini muncul karena ada sisi tergelap bulan yang tak pernah tampak ke Bumi. Ini disebabkan oleh penguncian gelombang; hal ini dikarenakan bahwa tarikan gravitasi Bumi terhadap bulan sangat kuat sehingga bulan hanya menampakkan satu wajah ke kita.
    Wikipedia menyebutkan: “Penguncian gelombang terjadi ketika gradien gravitasi menyebabkan satu sisi tubuh astronomis selalu menghadap tubuh yang lain; contohnya, satu sisi Bulan selalu menghadap Bumi. Tubuh yang terkunci gelombang lama berotasi sebagaimana berevolusi terhadap Bumi. Rotasi ini menyebabkan satu belahan Bulan selalu menghadap Bumi.”
  7. Makanan yang jatuh ke lantai dianggap aman dimakan bila diambil kembali dalam lima detik

    makanan jatuh
    Ini adalah omong kosong yang pastinya dikenal banyak orang. Bila ada kuman di lantai dan makanan mendarat di atasnya, otomatis mereka menempel ke makanan. Selain itu, memakan kuman dan kotoran tidak selalu menjadi hal buruk karena mereka membantu kita membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat.
  8. Polaris adalah bintang paling terang di langit malam belahan utara

    bintang polaris
    Sirius sebenarnya lebih terang dengan magnitudo -1.47 bila dibandingkan dengan Polaris yaitu 1.97 (semakin rendah angkanya, semakin terang bintangnya). Pentingnya Polaris adalah bahwa posisinya di langit menandakan Utara – dan karena itu pula bintang ini dijuluki “Bintang Utara”. Polaris adalah bintang paling terang di konstelasi Ursa Minor dan merupakan Bintang Utara saat ini ketika bintang kutub berubah sepanjang waktu karena bintang menampakkan perpindahan berlanjutan yang lambat terhadap poros Bumi.
  9. Ketika tubuh dipaparkan dengan kehampaan ruang angkasa, tubuh manusia meledak

    astronot di ruang angkasa
    Mitos ini adalah hasil dari film-film fiksi ilmiah yang menggunakannya supaya memberi ketertarikan terhadap alur cerita. Faktanya, manusia dapat selamat 15 – 30 detik di luar angkasa apabila mereka menghembuskan napas sebelum terpapar hampa udara (ini mencegah paru-paru meledak dan mengirimkan udara ke pembuluh darah). Setelah 15 atau 30 detik, kekurangan oksigen menyebabkan ketidaksadaran diri yang membawa pada kematian karena kehabisan napas.
  10. Evolusi mengakibatkan sesuatu beranjak dari “rendah” ke “tinggi”

    evolusi manusia
    Padahal faktanya adalah bahwa seleksi alam mengeluarkan gen yang tidak sehat dari kolam gen, ada banyak kasus ketika sebuah organisme tak sempurna selamat. Contohnya adalah jamur, hiu, udang, dan lumut – semuanya tetap sama sepanjang waktu. Organisme-organisme ini beradaptasi dengan lingkungan mereka tanpa mengalami perubahan.
    Takson lain juga berubah besar, tapi tidak berubah lebih baik. Sejumlah makhluk mengalami perubahan lingkungan dan adaptasinya tidak terlalu baik terhadap suasana yang baru. Kecocokan mereka terhubung dengan lingkungan, bukan perubahan.


Sumber: http://bukanisapanjempol.blogspot.com/2010/06/10-fakta-ilmiah-yang-salah-dan-konyol.html#ixzz109LlxBzh
Baca Selengkapnya >>>

Saturday 18 September 2010

Magnetar , Medan Magnet Super Kuat di Alam Semesta


Bintang Netron merupakan sisa dari bintang masif (sekitar 10-50 massa Matahari) yang mengalami keruntuhan terhadap dirinya sendiri. Bintang ini tersusun dari neutron (partikel sub atom yang tidak bermuatan), dengan massa lebih besar dari massa Matahari (1,35 -2,1 massa Matahari) namun hanya berdiameter 20km.
Bintang ini sangat padat bahkan satu sendok teh materi bintang netron beratnya bisa mencapai 100 juta ton. Karakteristik lainnya dari bintang netron adalah rotasinya yang cepat dan medan magnetiknya yang kuat.

Impresi artis untuk
Magnetar. Kredit : ESA
Magnetar merupakan kelas dalam Bintang Netron yang memiliki medan magnet ultra-kuat, diperkirakan ribuan kali lebih kuat dari bintang netron normal dan menjadikan mereka magnet paling kuat di kosmos. Namun mengapa magnetar bisa tampak bersinar dalam penglihatan sinar X masih menjadi pertanyaan bagi para astronom.
Kali ini, data dari XMM-Newton and Integral orbiting observatories digunakan untuk menguji komponen sinar X dari magnetar.
Sampai saat ini sudah ada 15 magnetar yang ditemukan. Lima di antaranya dikenal sebagai soft gamma repeaters (SGRs) karena mereka secara sporadis menyemburkan letupan (sekitar 0,1detik) sinar gamma berenergi lemah dan letupan sinar X yang kuat. Sisa 10 magnetar lainnya diasosiasikan sebagai anomalous X-ray pulsars atau AXP’s.
Walaupun SGRs dan AXP’s pada awalnya diperkirakan sebagai objek yang berbeda, namun saat ini diketahui mereka memiliki karakteristik yang sama dan aktivitas yang terjadi di dalamnya berasal dari medan magnetnya yang kuat.
Magnetar memang berbeda dari bintang netron normal karena medan magnetik di dalam magnetar diperkirakan sangat kuat dan mampu memilin kerak bintang. Seperti sebuah sirkuit yang diberi tenaga oleh baterai raksasa, kemampuan memilin yang ada di magnetar bisa menghasilkan arus dalam bentuk awan elektron yang mengalir disekeliling bintang. Arus tersebut berinteraksi dengan radiasi yang datang dari permukaan bintang dan menghasikan sinar-X.
Sampai saat ini para peneliti masih belum bisa menguji prediksi yang mereka buat karena tidak mungkin untuk memproduksi medan magnet ultra-kuat dalam laboratorium di Bumi.
Nah untuk memahami fenomena ini, tim yang dipimpin oleh Dr. Nanda Rea dari University of Amsterdam menggunakandata dari XMM-Newton and Integral untuk mencari awan elektron yang rapat di sekeliling magnetar untuk pertama kalinya.
Tim Rea berhasil menemukan bukti kalau arus elektron yang besar memang ada dan bisa diukur kerapatannya yang ternyata memang ribuan kali lebih kuat dari pulsar normal. Mereka juga megukur tipe kecepatan saat arus elektron ini melemah. Dengan data ini dibuat hubungan antara fenomena yang didapat dari observasi dengan proses fisisnya. inilah yang merupakan kunci penting dalam memecahkan teka teki objek langit yang satu ini.
Saat ini Rea dan timnya sedang mencoba membangun dan menguji model yang lebih detil untuk bisa memberi pemahaman yang lebih lanjut akan pengaruh medan magnet yang kuat seperti pada magnetar.


Sumber: http://bukanisapanjempol.blogspot.com/2010/07/magnetar-medan-magnet-super-kuat-di.html#ixzz0ztLqbWf1
Baca Selengkapnya >>>

Cara Kerja Kapal Selam

Kapal selam merupakan sebuah wahana yang unik karena bisa mengapung dan menyelam di air sesuai kebutuhan, pembuatan kapal selam pertama kali di gunakan untuk keperluan perang dan masih berbentuk sangat sederhana ( turtle).
Namun pada masa sekarang selain untuk perang, kapal selam juga di gunakan sebagai wahana rekreasi dan juga penelitian bawah air (ocean research).

Ada pertanyaan menarik dari seorang teman saya beberapa waktu lalu, yaitu bagaimana cara sebuah kapal selam yang beratnya berton ton bisa menyelam.
Pertanyaan menarik. Kalau masalah mengapung kita pasti tahu bahwa Hukum Archimedes (+250 sebelum Masehi) adalah jawabannya “Jika suatu benda dicelupkan ke dalam sesuatu zat cair, maka benda itu akan mendapat tekanan keatas yang sama besarnya dengan beratnya zat cair yang terdesak oleh benda tersebut”.
Dan itu berlaku pada setiap kapal konvensional. Sedangkan untuk menyelam kapal selam memakai Hukum Boyle dan Hukum Boayancy (pengapungan).


Kapal selam di desain memiliki tanki balast (trim), Tanki balast berfungsi menyimpan udara dan air, letaknya berbeda beda tergantung biro desain yang merancangnya.Untuk awalnya saya akan memberi visualisasi gambar potongan kapal selam seperti yang terlihat di bawah ini:


gambar atas merupakan gambar potongan sebuah kapal selam



posisi mengapung

posisi menyelam

Sedikit tambahan, kapal selam sekarang mulai di lengkapi dengan berbagai macam persenjataan,
yang awalnya hanya sebuah skrup untuk melubangi kapal musuh, sekarang bisa di muati rudal jelajah maupun rudal antar benua yang berhulu ledak nuklir.
Yang pada mulanya hanya cukup untuk satu orang hingga sekarang dapat memuat ratusan personel.

Kapal selam lama menggunakan diesel sebagai penggerak utama sehingga kemampuan bersembuyi di air sangat terbatas karena harus sering muncul ke permukaan untuk pengisian kembali bahan bakar,
kini kapal selam nuklir lebih efisien karena sangat hemat dan menekan biaya operasional, karena dalam sekali charge kapal selam mampu berlayar bertahun tahun tanpa perlu mengisi bahan bakar.

Namun itu bukan berarti tidak beresiko. Kejadian bocornya radiasi pada kapal K-19 Rusia beberapa dekade lalu,
menunjukkan kalau perlu keamanan extra untuk mengoperasikan sebuah kapal selam nuklir, selain merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi pihak Angkatan Laut bisa mengoperasikan nya.

sedikit gambaran di dalam kapal selam


Sumber: http://bukanisapanjempol.blogspot.com/2010/09/cara-kerja-kapal-selam.html#ixzz0ztKohljb
Baca Selengkapnya >>>

Wednesday 8 September 2010

Waspada, Adanya Website BKN Palsu

Jkt-Humas, Berdasarkan laporan berbagai pihak dan dengan pengecekan langsung di situs www.bknprofile.com, maka BKN menyatakan bahwa situs ini merupakan situs rekayasa, dan bagi pihak-pihak yang membuat situs ini untuk segera menutupnya.
Tampilan situs BKN Palsu
Keberadaan situs palsu ini dimungkinkan untuk mendapatkan keuntungan dari berbagai pihak khususnya pada proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini terlihat dari data-data yang dilampirkan terkait usulan CPNS dari berbagai instansi yang tidak benar. Bagi semua pihak yang namanya tertera dalam list website ini untuk tidak mempercayai ataupun mengindahkan informasi yang disampaikan dalam website itu.
List CPNS  dalam situs BKN palsu
Terkait adanya situs paslu ini, kami sampaikan bahwa :
  1. BKN hanya menggunakan dua situs resmi yakni www.bkn.go.id dan www.sesmabkn.com
  2. BKN tidak pernah menampilkan setiap usulan CPNS dari setiap instansi, baik pusat maupun daerah.
  3. Dalam setiap proses pemberkasan hingga penetapan Nomor Identitas PNS dilakukan oleh instansi secara kedinasan.
  4. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Humas BKN Pusat Jakarta, telp. 80882815
Apabila dengan adanya situs palsu ini ternyata ada pihak-pihak yang merasa dirugikan untuk segera melapor kepada pihak yang berwajib/kepolisian untuk dapat segera ditindaklanjuti.

Humas BKN
Baca Selengkapnya >>>

Tuesday 7 September 2010

Pesawat UFO mendarat di atas gedung DPRRI

Pesawat UFO mendarat di atas gedung DPRRI

Inilah foto disaat pesawat UFO akan mendarat di gedung DPRRI

Ternyata inilah para alien yang terdapat di dalam pesawat UFO tersebut,….


Ternyata para alien datang untuk mengikuti rapat,….rapat sedang berlangsung,….e,,e…e,,.ee..e malah tidur,….. “ALIEN MEMANG ANEH”
Baca Selengkapnya >>>